• Jelajahi

    Copyright © bindonews.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Begini Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung Bersama Induknya

    Bersom
    Monday, February 17, 2020, February 17, 2020 WIB Last Updated 2020-02-18T06:49:31Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Bindonews.com - Menetaskan Telur Ayam Kampung untuk saat ini mudah dilakukan apalagi jaman serba digital dengan menggunakan mesin penetas. Hal in dilakukan oleh peternak atau penjual bibit ayam dalam skala jumlah besar bahkan lebih kedunia bisnis.

    Begini Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung Bersama Induknya


    Namun, perlu diketahui di daerah kampung-kampung lebih suka menggunakan cara tradisional dengan cara pengeraman oleh induk ayam sendiri. Di daerah, tidak terlalu banyak melakukan peliharaan ayam kampung tersebut. Oleh karena itu, tidak perlu menggunakan tenagamesin dalam meneteskan telur ayam tersebut. Untuk kualitas anak ayam lebih berkualitas menggunakan cara tradisional daripada alat bantuan mesin.

    Begini Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung Bersama Induknya


    Sistem bebas

    Sistem bebas dilakukan siklus reproduksi secara alami, hal ini akan bergantung sekali [ada naluri induk ayam untuk melepas atau menyapih anaknya. Sebelum ternak bertelur kembali, siklus reproduksi mencapai 126 hari, yang artinya berjalan cukup lambat. Masa Ayam bertelur 20 hari, masa ayam mengeram 21 hari. Setelah itu, masa ayam mengasuh anak 65 hari, dan masa ayam istirahat 20 hari. Maka, kemampuan dapat menghasilkan dalam setahun ayam mampu bereproduksi 3 kali dengan produksi telur sebanyak 45 butir.

    Sistem semi-ekstensif


    Manusia ikut serta dalam mengatur reproduksi ayam. Caranya sangat mudah sekali cukup dengan membatsi atau memperpendek waktu atau masa mengasuh anak. Cara kerja Siklus reproduksi pada sistem semi-ekstensif memerlukan waktu 90 hari. Cara kerja dalam sistem semi-ekstensif masa ayam bertelur 20 hari, masa ayam mengeram 21 hari, masa ayam mengasuh anak 39 hari, dan masa ayam istirahat 10 hari. Sehingga dalam setahun ayam kampung mampu bereproduksi 4 kali, dengan jumlah produksi telur sebanyak 60 butir. Sumber : Alatternakayam

    Manfaat Menetaskan Telur Ayam Kampung Bersama Induknya

    Kualitas Telur yang Baik

    Kulitas yang baik pada telur berasal dari betina yang ada jagoanya. Ayam betina tanpa jago tetap dapat bertelur namun lebih tidak menjadi telur kalau ditetaskan. Telur yang baik dapat berasal dari induknya sendiri atau ditambahkan telur dari ayam lain hingga jumlah yang ditetaskan dapat optimal dan tetap menjaga kualitasnya.

    Jumlah Telur

    Agar telur dapat dierami induk ayam dengan baik. Jumlah yang baik itu, Cukup 10 hingga 12 telur yang umumnya masih dapat ayam mengerami dengan baik. Dengan jumlah telur seperti lebih memiliki kualitas yang tinggi.

    Sarang yang nyaman dan aman

    Carilah tempat sarang ayam yang sesuai untuk mengeram. Perlu diketahui bahwa ayam kampung bukan tipe unggas yang bak dalam membuat sarang. Ayam kampung lebih suka menggunakan sarang yang  disiapkan di dalam kandang. Untuk alas dapat menggunakan jerami padi yang kering atau merang padi. Tempat yang nyaman mengeram dibuat agak dalam dan luas agar telur tidak mudah terjatuh keluar sarang.

    Pengecekan Telur

    Perlu anda ketahui, tidak semua telur yang ditetaskan dapat berhasil dengan baik dan pasti ada buruknya. Jika ada telur yang tidak memiliki harapan menetas dapat harus diketahui lebih awal agar setiap kesehatan telurnya dapat berkualitas. Caranya dengan diteropong atau diterawang dengan menggunakan kertas gelap yang digulung pada sinar matahari, karena bisa melihat dalam isi telur tersebut baik atau baruknya. Dan perlu anda pahami bahwa setiap telur-telur ayam kampung ini akan menetas dalam waktu lebih kurang 3 minggu atau 21 hari.

    Galak

    Setelah bertelur Ayam akan lebih suka Galak dan lebih agresif saat ketemu orang bahkan ana bisa kena patuk bila berdekat dengan ayam tersebut. Sangat berbeda dengan ayam yang ditetaskan dengan mesin lebih kalem. Sumber : daunijo.com

    Demikianlah informasi tentang Begini Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung Bersama Induknya semoga bermanfaat dan berguna dalam berbisnis ayam. Jika ada yang ingin disampaikan silahkan komentar dibawah dengan baik. Terimakasih.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +