• Jelajahi

    Copyright © bindonews.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Manfaat Mencuci Tangan Memperlambat Virus (Bakteri)

    Bersom
    Tuesday, February 18, 2020, February 18, 2020 WIB Last Updated 2020-02-18T12:40:08Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Bindonews.com - Manfaat Mencuci Tangan Memperlambat Virus (Bakteri). Untuk mencegah infeksi virus , dokter menyarankan untuk mencuci tangan dengan benar. Praktik kebersihan tangan yang baik merupakan pedoman kesehatan masyarakat. masyarakat harus bisa menjaga kebesihan keluarga apalagi anak-anak. Berikut penjelasan penting mengenai Manfaat Mencuci Tangan Dengan Benar.

    mencuci tangan dengan benar dapat memperlambat virus
    Mencuci Tangan

    Apakah Mencuci tangan benar-benar bermanfaat dalam konteks penyebaran Virus ?

    Untuk mencegah infeksi virus, terutama yang menyebar melalui tetesan dari batuk dan bersin, mencuci tangan merupakan tindakan lini pertama. Sekarang, di tengah wabah virus corona COVID-19 baru-baru ini, mencuci tangan dengan benar tetap menjadi nasehat utama dalam mengendalikan tingkat infeksi.

    Seperti yang disampaikan WHO ( Organisasi Kesehatan Dunia ) bahwa orang harus sering mencuci tangan dengan sabun dan air untuk mencegah penularan virus. Tetapi, banyak orang yang masih meragukan sesuatu yang sederhana dan terkesan memandang sebelah mata.

    Penelitian yang saat ini telah terbitkan dalam jurnal Risk Analysis yang menggunakan pemodelan epidemiologis dan simulasi data untuk menentukan apakah dan bagaimana kebersihan pribadi dapat mempengaruhi tingkat penularan. Dalam penelitian tersebut diperkirakan 30% orang tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi.
    " 30%  lainnya tidak mencuci tangan mereka, dan dari mereka yang melakukannya, hanya 50% yang melakukannya dengan benar" Ungkap Prof. Christos Nicolaides
    Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit ( CDC ) mengatakan bahwa praktik terbaik untuk mencuci tangan tidak hanya dibilas, tetapi juga menggunakan sabun dan menggosok telapak tangan, punggung, dibawah kuku, dan sela-sela jari. Setidaknya harus digosok selama 20 detik sebelum membilas sabun dan mengeringkan dengna handuk bersih. Kenyataannya, banyak dari kita yang mencuci tangan tidak menggunakan sabun dan menghabiskan waktu kurang dari 15 detik untuk prosedur mencuci tangan dengan benar.

    Kebersihan Yang Baik Dapat Mengurangi Penyebaran Penyakit

    dalam penelitian yang dilakukan para ahli, yang menggunakan data yang ada tentang penerbangan internasional. Secara khusus para peneliti melihat durasi penerbangan, jarak penerbangan, serta perkiraan waktu yang dihabiskan wisatawan di bandara. Dalam penelitian tersebut, penyebaran virus terjadi akibat koneksi langsung antar bandara yang membawa penumpang dari dan ke luar negeri, yang merupakan penyebab utama penyebaran virus antar negara.

    Faktor-faktor ini membuat bandara menjadi pemain kunci dalam penyebaran penyakit menular. Para peneliti juga berpendapat jika lebih banyak orang mencuci tangan dengan sering dan benar, itu akan secara signifikan memperlambat penyebaran virus. Diperkirakan dapat memperlambat penyebaran penyakit menular hingga 70% apabila penumpang mempertahankan tangan yang bersih.

    Umumnya, tanpa sadar kita menyentuh rambut, kuping, hidung, dan anggota tubuh lainnya. Hal ini dapat membuat kuman atau bakteri penyebab virus masuk dengan mudah melalui anggota badan yang sebelumnya kita sentuh. Kuman atau bakteri berbahaya, tentunya dapat berpindah ke benda lain seperti besi pegangan, pintu masuk yang kemudian dapat berpindah ke orang lain dan membuat penyebaran virus berkembang lebih jauh.

    Melaksanakan Kampanye Kebersihan

    Meskipun kampanye pendidikan tentang kebersihan pribadi dapat meningkatkan kesehatan bersama, kenyataannya hal tersebut sulit dicapai di sejumlah negara. Tidak ada salahnya kita juga berpartisipasi dalam kampanye kebersihan dengan cara memulainya dari hal yang sederhana seperti membiasakan mencuci tangan yang baik dan benar.

    Keterlibatan populasi dengan kebersihan tangan yang tepat dapat menjadi solusi yang sederhana dan efektif untuk mencegah penularan infeksi serta mengurangi risiko pandemi global besar-besaran.
    Seperti halnya saat ini di indonesia dengan cuaca yang tidak bersahabat serta berkembangnya virus flu, mencuci tangan setelah bersin ataupun batuk, dapat membantu mengatasi Flu dan Batuk, serta mengurangi dampak virus tersebut menular ke keluarga ataupun rekan kerja.

    Waktu Yang Tepat Mencuci Tangan

    kita harus rajin mencuci tangan dengan sabun pada situasi dimana sesudah atau sebelum kita melakukan sesuatu seperti :
    • Sebelum makan
    • sebelum ataupun sesudah menyiapkan makanan
    • Sebelum ataupun sesudah merawat orang sakit
    • Sebelum ataupun sesudah merawat luka
    • Sesudah menggunakan toilet
    • Sesudah bersin atau batuk
    • Sesudah menyentuh sampah
    • Sesudah bepergian atau di tengah perjalan jika memungkinkan
    • Dan masih banyak lainnya

    Cara Mencuci Tangan Yang Benar

    • Basahi tangan dengan menggunakan Air Bersih yang mengalir, kemudian oleskan sabun.
    • Setelah terlapisi sabun, gosok perlahan dibagian telapak, punggung, dibawah kuku, serta di sela-sela jari.
    • Gosok selama kurang lebih 20 detik.
    • Bilas dengan air bersih yang mengalir
    • keringkan tangan dengan menggunakan handuk yang bersih atau dengan menggunakan pengering udara.
    Alangkah lebih baiknya kita dapat melakukannya setiap hari dan setiap melakukan aktivitas, luangkan waktu 20 detik untuk mencuci tangan. Dengan begitu kita sudah berusaha untuk menjaga kesehatan kita dan menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari virus atau bakteri.

    Demikian informasi menjaga kesehatan melalui Manfaat Mencuci Tangan Memperlambat Virus (Bakteri). Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada kesalahan mohon untuk beri saran agar bisa diperbaiki dan berkomentar di bawah. terimakasih
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +